CIVIL CLASSICAL FEST 2016
1. Sistematika Perlombaan
a. Peserta melakukan pendaftaran ke panitia sesuai ketentuan.
b. Peserta lomba berasal dari SMA/SMK/MA/sederajat utusan sekolah dan Mahasiswa. (setiap sekolah diperbolehkan mengirim lebih dari satu perwakilan)
c. Peserta adalah perorangan siswa siswi / mahasiswa aktif dari sekolah / universitas.
d. Untuk proses seleksi, peserta lomba diminta menyertakan rancangan poster dalam paper.
e. Paper dikirim maksimal tanggal 20 Maret 2016. Paper di gunakan sebagai syarat lomba dan pengajuan rancangan poster.
f. Paper yang disyaratkan dalam lomba dikirim dalam bentuk softcopy (format pdf) dan hardcopy.
g. Paper dalam bentuk softcopy dikirim ke alamat email ccfumy2016@gmail.com dengan format Nama Peserta_Nama Sekolah.
h. Paper dalam bentuk hardcopy dikirimkan ke sekretariat panitia, adapun yang harus dikirim meliputi:
- Paper dicetak rangkap 3.
- Fotokopi bukti transfer pembayaran
- Fotokopi Kartu pelajar / mahasiswa
Dikirim ke sekretariat Himpunan Mahasiswa Sipil Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (HMS UMY) Gedung G5 Lantai Dasar Universitas Muhammadiyah Yogyakarta yang beralamat d Jl. Lingkar Barat, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55183.
i. Panitia akan menyeleksi paper dan rancangan poster yang dikirimkan oleh para peserta dan hasilnya akan diumumkan tanggal 22 Maret 2016, via email.
j. Peserta yang dinyatakan lolos seleksi akan diundang ke UMY pada hari Kamis, 24 Maret 2016 untuk mengikuti Technical Meeting dan pada hari Jumat, 25 Maret 2016 untuk mengikuti perlombaan.
k. Perlombaan yang dimaksud adalah peserta diminta mendesain ulang posternya sesuai rancangan yang telah dikirimkan oleh peserta, yang akan dilaksanakan selama satu hari pelaksanaan bertempat di Ruang G5.1.0 Teknik Sipil, Gedung G5 lt.1, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
l. Setelah perlombaan, panitia akan mencetak desain poster para peserta. Selanjutnya peserta mempresentasikan hasil karyanya kepada dewan juri pada hari Sabtu, 26 Maret 2016.
m. Pemenang yang ditentukan dalam Lomba Desain Poster terdiri dari Juara I, II, dan III.
n. Para pemenang lomba akan mendapatkan hadiah/penghargaan berupa piagam dan uang pembinaan.
o. Pengumuman lomba dan penyerahan hadiah akan dilakukan pada malam puncak kegiatan CCF 2016 tanggal 26 Maret 2016.
2. Teknis Perlombaan
Peserta Terpilih selanjutnya akan diundang ke UMY untuk mendesain ulang karnyanya, dengan ketentuan:
a. Para peserta mengikuti Technical Meeting dan perlombaan sesuai jadwal yang sudah ditentukan.
b. Para peserta membawa perlengkapan sendiri untuk membuat karyanya, seperti laptop yang sudah terinstall software pengolah grafis dan alat penunjang lainnya.
c. Dianjurkan membawa perlengkapan pendukung seperti terminal dan lain-lain.
d. Waktu pengerjaan adalah 2.5 jam.
e. Para peserta mempresentasikan hasil karyanya kepada dewan juri dalam waktu maksimal 7 menit termasuk tanya jawab.
f. Para peserta mengikuti acara malam puncak CCF 2016 untuk pengumuman pemenang lomba.
3. Penilaian
a. Keindahan (estetika)
b. Kesesuaian isi Paper dengan tema
c. Presentasi karya
4. Tata tertib perlombaan
a. Peserta lomba datang di arena lomba 15 menit sebelum acara dimulai dan wajib mendaftar ulang.
b. Peserta wajib memakai seragam sekolah (diperkenankan memakai seragam khas sekolah).
c. Peserta wajib menjaga perilaku, perkataan dan perbuatan selama lomba berlangsung.
d. Peserta diwajibkan memasuki ruangan yang telah ditentukan oleh panitia tepat waktu.
e. Peserta yang terlambat kurang dari 30 menit diperkenankan mengikuti lomba dan padanya tidak diberi tambahan waktu.
f. Peserta yang terlambat lebih dari 30 menit tidak diperkenankan mengikuti lomba dan dianggap gugur.
g. Peserta diwajibkan memakai co-card saat mengikuti lomba.
h. Selama pengerjaan, para peserta dilarang membuka tutorial dalam bentuk apapun.
i. Guru pengantar dilarang memberikan bantuan dalam bentuk apapun.
j. Peserta tidak diperkenankan meninggalkan arena lomba tanpa seizin panitia yang bertugas.
k. Peserta dilarang merusak fasilitas kampus yang ada di arena lomba.
l. Bagi yang berbuat curang, akan diberikan sanksi sesuai keputusan juri dan panitia.
m. Bila ada kekeliruan dalam tata tertib akan ditinjau kembali oleh panitia. Keputusan dewan juri bersifat mutlak dan tidak dapat diganggu gugat.
n. Hal-hal lain yang belum diatur dalam tata tertib ini akan diatur kemudian oleh panitia.
5. Susunan Paper
a. Paper dibuat dengan jenis huruf “Times New Roman”, ukuran huruf 12, jarak spasi 1.5 dengan margin atas 4 cm, kiri 4 cm, bawah 3 cm, kanan 3 cm.
b. Sistematika Penulisan :
1) Judul
2) Pendahuluan
3) Pembahasan
4) Penutup
5) Lampiran (desain rancangan poster)
c. Paper maksimal 10 halaman. (tidak termasuk lampiran)
d. Sertakan dengan cover, dengan sistematika:
1) Judul umum
2) Logo Sekolah/Universitas
3) Nama lengkap
4) Asal Sekolah/Universitas
6. Ketentuan Poster
a. Bagi peserta yang lolos seleksi paper, peserta diminta mendesain poster yang dibuat mulai dari 0% dengan teknik pembuatan poster menggunakan software pengolah grafis. Peserta hanya membawa file bahan dasar poster dari rumah (seperti gambar-gambar dan kata-kata).
b. Poster dibuat dalam ukuran A3 (42 cm x 30 cm)
c. Poster yag dibuat bertema ”Green Building for Saving Earth“
d. Peserta dibebaskan untuk menggunakan berbagai macam software pengolah grafis tetapi hasil akhirnya disimpan dalam bentuk .pdf.
e. Desain poster yang dibuat adalah desain yang belum pernah dipublikasikan atau diikutsertakan dalam lomba lain, hasil pemikiran sendiri (bukan hasil plagiatisme) dan tidak mengandung unsur ponografi, diskrimasi, dan SARA.
f. Peserta menyertakan logo CCF 2016, logo HMS, logo UMY, dan logo asal sekolah di bawah poster (lihat keterangan dalam rancangan poster pada contoh paper yang disertakan dalam panduan ini).
0 komentar:
Posting Komentar